Tuesday, September 18, 2012

Pantai Sendang Biru & Pulau Sempu Malang-Indonesia

Sendang Biru Beach


Pantai Sendang biru terletak 69 km ke arah selatan dari kota Malang tepatnya di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Pantai Sendang biru lebih dikenal sebagai tempat pendaratan dan pelelangan ikan di Kabupaten Malang. Pantai ini merupakan salah satu pusat penghasil ikan terbesar di Jawa Timur. Bernama pantai Sendang biru karena di pantai ini ada sumber air atau dalam bahasa Jawa yang berarti “sendang” yang berwarna biru jernih.Pantai ini berhadapan dengan Pulau Sempu. Jarak keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah selat sempit dan sangat cocok dipakai untuk berperahu atau olah raga air pantai lainnya. Perjalanan ke Pulau Sempu dapat ditempuh selama kurang lebih 25 menit dari Pantai Sendang Biru dengan menyewa perahu motor seharga 100.00 0 s/d 150.000 tergantung lobby dengan pemilik perahunya dan bisa memuat hingga 10 orang per perahunya. Di Pulau Sempu sendiri ada beberapa lokasi wisata alam yang jangan sampai kelewatan untuk dikunjungi, lokasi-lokasi tersebut adalah:
Pantai Waru-Waru dan Telaga Lele
Pantai Waru-Waru adalah pantai di Pulau Sempu yang terdekat dengan Pantai Sendang Biru merupakan pintu masuk ke Telaga Lele dan juga sebagai tempat memancing. Sedangkan Telaga Lele adalah satu-satunya telaga air tawar yang ada di Pulau Sempu yang dapat ditempuh selama I jam dengan berjalan kaki dari Pantai Waru-Waru. Telaga ini berisikan Ikan Lele yang berlimpah, dulu menurut kepercayaan masyarakat setempat tidak boleh diambil karena keramat, tapi sekarang sudah ditepis oleh penduduk setempat bahwa pengunjung sudah dapat memancing Ikan Lele tersebut dan diyakini tidak akan tejadi sesuatu.
Teluk Semut dan Telaga Segara Anakan
Tempat ini adalah tempat yang paling diminati para back packer. Teluk Semut adalah tempat yang berpasir dan merupakan tempat masuk ke Telaga Segara Anakan. Di sini wisatawan dapat melihat kera abu-abu dan hitam berlarian kesana kemari, selain itu wisatawan juga dapat melihat pohon-pohon belukar dan papan nama yang bertuliskan kawasan cagar alam Pulau Sempu. Telaga Segara Anakan merupakan sebuah telaga yang memiliki luas 4 Ha dan merupakan telaga berair asin karena telaga tersebut adalah bagian dari laut yang dipisahkan oleh dinding curam berupa bukit-bukit terjal. Air laut masuk ke telaga ini melalui sebuah terowongan ketika air laut sedang pasang naik, pada saat itu pemandangan Telaga Segara Anakan akan sangat indah sekali. Daya tarik Telaga Segara Anakan lainnya yaitu adanya macam-macam ikan laut yang dapat dipancing seperti: ikan Kakap Merah, ikan Tongkol, ikan Kerapu. Selain itu keindahan koral dan bunga karangnya. Segara Anakan dapat ditempuh melalui Teluk Semut dengan berjalan kurang lebih 1.5 jam sejauh 9 kilometer. Untuk melihat deburan ombak yang sangat besar dari pantai selatan pulau Jawa dapat melanjutkan perjalanan kurang lebih 10 menit.
MITOS- MITOS DALAM SENDANG BIRU
Seperti kebanyakan pantai-pantai di wilayah pulau jawa dan sekitarnya, Sendang biru juga tidak terlepas dari mitos-mitos yang meyertainya. Pada tanggal 7 atau 8 Syawal, banyak masyarakat yang naik perahu menuju Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang ada di sana. Menurut kepercayaan, air tawar Pulau Sempu mujarab untuk kesehatan atau kesembuhan. Air tawar tersebut ada di Telaga Lele.
Warga di Pantai sendang biru juga masih memegang tradisi berupa ritual-ritual sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan berupa panen ikan yang melimpah juga sebagai penolak bala yang biasa di sebut Acara Petik Laut. H. M. Atmoismail, tokoh adat setempat mengakui kalau Petik Laut secara modern telah dimulai sejak tahun 1989. ”Tahun itu, sudah lebih modern. Sebelumnya nelayan hanya melakukan dengan beberapa konthing (sejenis perahu kecil menggunakan dayung, red) saja membawa tumpeng dan kepala kerbau. Peralatannya juga masih apa adanya dari kayu dan bambu,” tukas pria berkacamata ini. Acara Petik Laut selain membuat warga yang tinggal di sana merasakan keberkahan juga semakin meningkatkan MInat Wisatawan untuk berkunjung ke Sendang Biru khususnya Pulau Sempu


Sempu Island



Posted by: unique-www.blogspot.com unique-www.blogspot.com Updated at: 12:31 AM

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting